Proses Melukis Menggunakan Cat Minyak Seri 1 ( Oleh : Solichin Totok )

Balinesse girl with offering
" Gadis bali dengan sesajen "
Cat minyak diatas kanvas
100 x 120 cm


Objek Lukisan
Kebiasaan saya setelah mendapatkan proprsi diatas kanvas... Untuk teknik basah, saya selalu melumuri areal kanvas dengan minyak jenis linseed.. tipis saja.. tujuannya agar blocking awal yang akan dilakukan dengan menggunakan warna dasar akan lebih mudah..
Khusus untuk teman teman dari Tegal yang kemarin sempat workshop tipis tipis.. monggo kalo tertarik bisa diamati... Karena melukis realis bagi saya berarti harus mengikuti kaidah atau pedoman yang sudah menjadi acuan. Maaf bagi yang tidak setuju semoga postingan ini tidak menyinggung perasaan..


Step 1

Pagi ini.. begitu semangat..masih dengan cara saya.. 1 jam waktu yang cukup untuk proses blocking.. yaitu memberi warna dasar atau warna tengah yang dominan secara tipis ke semua bagian kanvas.. kelebihan dari cara ini adalah (menurut saya) walaupun proses baru 10 persen berjalan.. tapi karakter lukisan sudah muncul..
Dalam.peoses blocking saya selalu menggunakan kuas besar dan yang harus saya lakukan adalah selalu berusaha menyelesaikan area background dahulu sebelum area obyek fokusnya...
Untuk temans yang tidak setuju cara saya.. mohon maaf semoga postingan ini tidak menyinggung perasaan..
 


Step 2

Masih cara saya.. setelah blocking awal.. kemudian tone mulai diperbaiki dengan gelap dan terangnya sesuai dengan obyek referensi.. masih menggunakan kuas yang besar dengan bulu yang lembut (saya selalu pake kuas yang saya beli di toko bangunan) utk area yang sangat berdekatan dengan bagian batas dengan obyek fokus bisa dihindari dulu tujuannya agar warna tidak megotori .. intuisi dalam mencampur warna sangat diperlukan.. mengingat warna alam adalah warna yang komplek.. maka jangan takut melibatkan semua warna yang terlihat.. 
Masih harus minta maaf utk yang tidak setuju dengan cara saya.. dan mohon tidak tersingggung.


Step 3

Sampai siang ini ... Istirahat sambil menunggu panggilan Sholat Dhuhur..

Semoga bermanfaat
Masih tetap memainkan background.. dengan mperbaiki tone warna.. belum bisa memainkan warna terang mengingat dominasi warna gelap yang masih basah.. yang bisa dilakukan adalah mengisi ruang ruang gelap diaera kecil kecil.. penggunaan kuas beralih ke kuas yanh lebih sempit. Sambil sekali sekali disaput dgn kuas besar utk mendapatkan efek blur.... Begitulah cara saya..semoga berkenan dan bermanfaat


Step 4

Setelah ditinggal selama hampir seminggu.. dan kering.. Alhamdulillah ada kesempatan langjut.. 
Sampai siang ini

Step 5
Work in progress... 
Sentuhan kedua, sampai menjelang sholat Jumat.

Step 6
Still in progress...masih berlanjut.. Sampai siang ini.. hari ke 4 .

Perlu sebuah peristiwa untuk manusia bisa berubah. Dan peristiwa yang mengubah arah hidupku untuk total menjadi pelukis dan berpenghasilan total dari lukisan terjadi sekitar 19 tahun lalu, saat bertemu dan melihat karya realis hebat dari pelukis yang jauh lebih muda di Semarang. Dan kalo ada satu nama yang bisa saya sebut dalam 'hijrahku' hanya ada nama Imam Abdillah.. Imem Ebdilleh.. hehe 

Sejak saat itu hampir tidak ada hari tanpa melukis, Terimakasih om Imam... Semoga om selalu sehat dan tetap berkarya hebat. Kapan kapan kalo ketemu kita ngobrol banyak.. Hehe

Step 7
Menyerah adalah kata yang paling tepat...
Pagi ini..setelah berjuang dengan bahagia..

Finish

Share:

Tidak ada komentar:

Total Tayangan Halaman

+ Follow
Join on this site

with Google Friend Connect

Popular Posts