Memilih Kertas Yang Cocok Untuk Cat Air

Lukisan Cat Air "KABUT HIJAU BOROBUDUR" 37x56cm by KinKin
IILMU BISA DATANG DARI PENGALAMAN
19 tahun melukis cat air, banyak mendapatkan hal-hal baru yg cukup bermanfaat dlm tehnik melukis cat air.

Berbagai macam merk cat, kuas dan kertas cat air, juga SANGAT BERPENGARUH thdp hasil akhir sebuah lukisan cat air.

Misal utk tehnik ekspresif dg efek jamur yg khas, bisa kita dapatkan pada kertas merk montval dari canson dan cotman dari winsor.

Kedua jenis kertas ini sangat enak utk melukis figur dan potret dg gaya impressionist.
Makanya alvaro castegnet dan josef zbukvic kadang suka menggunakan semprotan air saat melukis, tdk lain utk menjaga kelembaban kertas tsb (mungkin cuacanya cukup panas saat melukis).

Sedangkan utk objek landscape lebih cocok jika menggunakan kertas arches dari canson. Melukis potret juga bisa dan hasilnya akan lebih realis, tentunya harus latihan yg rajin utk mencapainya, krn jika tdk maka lukis potret akan jauh lebih sulit dikertas arches.

CUACA juga sangat mempengaruhi dlm proses melukis cat air. Misal utk melukis potret dg gaya impressionist dan tehnik bloboran dan berjamur, sangat cocok jika dilukis dlm keadaan cuaca cerah dan panas.

Sedangkan utk melukis landscape atau portrait dg menggunakan kertas arches, cocoknya jika dilukis saat cuaca hujan dan lembab, krn kertas akan lbh lama mengering dan dlm keadaan lembab yg agak lama ini, kita bisa mendapatkan goresan yg sangat nyaman dan sangat cocok utk menghasilkan sebuah lukisan realis dg media cat air. 
Selamat mencoba.

By :  KinKin
Sumber : https://www.facebook.com/waterolorist
Share:

Tidak ada komentar:

Total Tayangan Halaman

+ Follow
Join on this site

with Google Friend Connect

Popular Posts