Melukis Menggunakan Serbuk Oyan

Selamat pagi temans.. sengaja saya posting ulang beberapa karya hitam putih saya.. sekedar utk menjawab pertanyaan teman teman tentang bahan yang saya pakai untuk berkarya dalam hal ini khusus karya hitam putih diatas kertas maupun kanvas..

Alat dan Bahan
Nah saya sertakan foto bahan yang saya pake.. disitu ada beberapa jenis pensil konte, tusuk sate, kapas, kain tissue basah yang sudah kering dan selotip.. dan pastinya serbuk arang ( yang aku sebut oyan ) 

Cerita tentang serbuk oyan yang saya pakai berawal dari kisah saya sekitar 24 tahun lalu saat saya kuliah dan nyambi jadi pelukis jalanan di jl. pemuda Semarang.

Serbuk Oyan & Pensil Charcoal di Kertas BC
Waktu itu saya melukis dengan hanya menggunakan pensil konte, belum kenal serbuk arang. Nah di tahun itu ada tetangga yang suka melukis yang seumuran saya menyarankan serbuk oyan ini..dan ternyata saya cocok .. dan alhamdulillah sampai hari ini saya bisa 'menaklukannya', Sayangnya beliau teman saya meninggal bbrp tahun kemudian karena sakit paru paru.. terimakasih saya utk beliau ( almarhum Usmanto).

Sekilas info.. serbuk oyan ini saya beli di toko bangunan dengan harga yang sangat murah sekali.. seandainya saya hari ini beli 1 ons yang mungkin harganya cuma 10 ribu. Dengan 1 ons itu saya bisa menghasilkan puluhan bahkan mungkin lebih dari seratus gambar dgn ukuran seperti contoh.

Serbuk ini hanya dijual di toko bangunan.. saya tidak tahu persis nama yang dipake di tempat/kota kalian.. tapi kayaknya secara umum digunakan utk mengolesi benang oleh tukang batu pada saat mereka pasang bata.

Serbuk Oyan & Pensil Charcoal di Kertas BC
Untk kertas yang saya pake .. kertas BC .. konturnya mirip kertas manila.. dan sangat cocok sekali dengan media ini.. jangan keliru dengan kertas IVORY.. Ivory lebih licin.

Mengenai pensil konte yang saya pake.. kebetulan yang saya pake justru yang paling murah.. karena di era sekarang banyak sekali merk dgn harga yang mahal mahal.. sumpah menurut saya konte itu cuma arang dan dimana mana yang namanya arang ya arang saja.. gak ada kaitannya antara harga dan kualitas (itu menurut saya yang sudah mencoba beberapa merk)

Nah.. demikian penjelasan versi saya guna menjawab banyak pertanyaan yang masuk ke inbox saya.. hehehe daripada jawab satu satu..

Serbuk Oyan Kombinasi Cat Minyak
Demikian semoga tidak ada yang tersinggung dengan postingan saya ini.
Pesan taktis yang ingin saya sampaikan adalah.. tidak perlu bahan mahal utk sebuah karya yang mahal... 

Temukan bahan dan alat kalian sendiri dan ciptakan karya yang outstanding .. buktikan pada dunia ada cara cerdas murah meriah untuk mahakarya yang luar biasa.
Semoga bermanfaat.. aamin
Sumber
Semarang, 4 Januari 2017

Share:

2 komentar:

M.maulana saldi mengatakan...

Pak punya channel ytb gak?

Ahmad Thobroni mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Total Tayangan Halaman

+ Follow
Join on this site

with Google Friend Connect

Popular Posts