Harga Lukisan Potret

Kadang menentukan harga lukisan potret terasa lebih sulit dibanding melukis. ada standar2 tertentu dalam menentukan harga. yang umum, harga lukisan dihitung per kepala, setengah badan, dan full body. harga juga ditentukan oleh faktor material yg digunakan, tingkat kesulita dan ukuran lukisan. (harga 'teman' tidak masuk dalam bahasan ini) :)

Seorang teman punya rumus, harga lukisan = harga material x 10. Kl material yg dihabiskan utk membuat karya 30 rb, harga lukisannya = 300 rb.

Ada juga yg menghitung harga berdasarkan upah harian plus harga material dan bingkai. Kl upah harian kira2 100rb, dan lukisan dikerjakan selama 3 hari, harganya = 300 rb plus material lukisan dan bingkai.

untuk lukisan di bawah ini aku menghitung ukuran dan materialnya saja. sebab susah menghitung, apakah ini lukisan setengah badan kali dua, atau setengah badan kali dua plus satu full body, yaitu body kucing ... :)

acrylic on canvas, 70 x 80 cm ,
Cara hitung harga lukisan terakhir yg paling praktis kupakai adalah menetapkan harga per cm2 utk lukisan yg dipesan. Praktis. Tanpa menghitung lagi harga material, lama pengerjaan, dan tingkat kerumitannya. Dan presentasi ke pemesan juga enak. Kalau misalnya harga per cm2 rp 600, tinggal kalikan sesuai ukuran lukisan yg dipesan ... :)

| N A |
acrylic on canvas, 70 x 80 cm
comm.work
2013


x
Share:

Tidak ada komentar:

Total Tayangan Halaman

+ Follow
Join on this site

with Google Friend Connect

Popular Posts