Cara Menciptakan Background Lukisan

Background....
Sedikit saya ingin curhat tentang latar belakang atau background lukisan atau drawing..
Kemarin baru saya mendapati ternyata tidak sedikit teman-teman pelukis yang punya masalah dalam menciptakan background lukisan atau drawing.. sehingga lebih memilih untk membiarkan obyek lukisan 'berjuang' sendirian utk tampil indah. Alasan yang paling masuk akal adalah adanya kekhawatiran bahwa background yang diciptakan justru akan merusak pemandangan.
Naah hal inilah yang justru membuat saya langsung gagal paham.. (maaf sama sekali tidak bermaksud sok paham.) Karena dengan mengolah background, saya justru merasa memiliki kesempatan untuk meng'improve' lukisan menjadi lebih menarik..
Monggo silahkan cek album lukisan saya.. tidak ada satu karyapun yang tercipta tanpa background.
Justru kalau saya mendapati foto referensi terdapat latar belakang yang tidak sesuai saya akan cenderung menggantinya dengan yang sesaui keinginan saya tanpa mengurangi nilai estetikanya.
Bagaimana caranya... Saya jelaskan sedikit cara saya meng'improve' background.
Ada beberapa prinsip yang saya pakai.. yang paling pasti adalah : 

" untuk area tepi obyek utama yang intensitasnya gelap, saya hampir selalu menciptakan latar belakang yang lebih terang.. misal obyek rambut atau baju yang berintensitas gelap. Dan sebaliknya.. saya selalu menggelapkan areal background setiap bertemu area obyek yang terang.. misal area pipi atau pundak utk obyek manusia berpakaian terang, kemudian saya selalu berusaha menciptakan gradasi yang sesuai, dan yang terakhir.. selalu mempertimbangkan keseimbangan atau balancing.. agar tidak terjadi kesan berat sebelah terhadap intensitas gelap dan terangnya "

Bingung??? Semoga ada kesempatan utk ngobrol langsung.. karena hal ini membuat saya sedikit 'gregetan' untuk membuktikan.. mungkin terdengar sok sok an.. tapi mengimprovisasi background bagiku sangat menyenangkan.

Berikut adalah lukisan yang background nya saya improvisasi sendiri...

Si Mbak | Cat minyak di kanvas | Size 100 x 140 cm

Share:

Tidak ada komentar:

Total Tayangan Halaman

+ Follow
Join on this site

with Google Friend Connect

Popular Posts