Simbalion Water Color Cake ( Review )

Cat air ini adalah watercolor cake, alias cat kering dan padat yang akan larut kalau diberi air, Bentuknya persis sama pallet ‘eyeshadow’, Cara penggunaannya juga mirip-mirip dengan eye shadow, Bedanya hanya kalau untuk eye shadow, kamu bisa langsung mengambil warnanya dengan kuas kering, sedangkan untuk watercolor cake ini kamu perlu membasahi kuasmu dulu dengan air baru mengusapkannya pada watercolor cake nya dan selanjutnya mengaplikasikannya pada kertas gambarmu.
Produk Simbalion Watercolor Cake, kuas bawaannya , swatches warna yang saya buat
Watercolor cake lebih praktis dibandingkan dengan watercolor paste yang ada di kemasan tube, Karena kamu tidak perlu membuka tutup tube nya satu-per satu untuk mengambil cat nya, Kamu hanya tinggal membuka box nya sekali saja, dan semua warna sudah bisa ter-ekspose oleh kuasmu.

Cat air ini juga mudah larut dalam air, Jadi beritu dibasahi dengan kuas basah, sifatnya sama dengan cat air pada umumnya. Aquarel cenderung transparan, Namun juga bisa dibuat lebih opaque, atau warna tebal, jika jumlah cat yang terambil oleh kuasnya lebih banyak lagi.

Cat ini juga mudah untuk kering lagi, Jadi tidak perlu merasa takut cat nya tumpah ke luar wadahnya setelah kamu basahi dengan kuas basah. Karena tidak lama setelah itu dia akan kembali kering, kembali ke bentuknya semua, dan perlu dibasahi lagi untuk melarutkannya kembali.



36 warna dari cat air ini sudah cukup mewakili banyak warna yang bisa digunakan untuk melukis landscape maupun portrait. Jadi saya jarang banget untuk mencampur-campurkan warnanya.

Tapi bagi yang ingin mencampur-campur warna untuk mendapatkan warna baru, tutup dari cat air ini didesain dengan cekungan-cekungan bulat yang bisa dipergunakan sebagai palet. Jadi, kamu ga perlu bawa palet secara terpisah, Praktis kan.

ah tapi, semua watercolor cake itu pas makenya harus rajin-rajin bersihin kuasnya waktu pindah dari satu warna ke warna lain. Karena kalau kuasnya ga bersih, warna dari cake yang satu bisa mengkontaminasi warna cake yang diusap sesudahnya. Tapi setelah diberi air, kontaminasi warna itu bisa terlarut dan dihilangkan lagi koq.

Kualitas warna dari cat air ini, lumayan memuaskan. Opasitas warnanya bisa dikontrol dengan mudah, sehingga memudahkan saya yang masih pemula ini :”)

Hasil lukisan yang dibuat full dengan menggunakan Simbalion Watercolor Cake 36 color yang bulat2 bening di bawah itu tutup watercolor cake nya, bisa dilepas dan digunakan sebagai palet
  • Kelebihan :
  1. Harganya yang murah, ini yang paling penting, kisaran Rp 65.000 - 90.000
  2. Praktis, sudah include palet dan kuas
  3. Warnanya lengkap
  4. Opasitas mudah dikontrol
  • Kekurangan : 
  1. Kuas bawaan terlalu kecil
  2. Kemasannya besar, tapi maklum lah kan warnanya banyak
  3. Harus bawa air secara terpisah, karena ga ada tempat penyumpanan air di kuasnya
  4. Warnanya gampang nyampur ke cake lainnya kalau kuasnya ga dibersihkan secara menyeluruh (lihat gambar terakhir, di warna pink nya ada noda ungu-nya). tapi setelah diberi air, kontaminasi warna itu bisa dihilangkan lagi koq.


Source : https://gambarnanda.wordpress.com/2015/12/22/review-simbalion-water-color-cake/
Share:

Tidak ada komentar:

Total Tayangan Halaman

+ Follow
Join on this site

with Google Friend Connect

Popular Posts