Pentingnya Komposisi Dalam Karya Seni

Selamat malam teman teman. Salam sejahtera.
Kali ini saya ingin berbagi pengalaman membuat gambar/ lukisan yang mana di dalamnya terdapat multi objek. Selain objek utama yang ingin kita tampilkan, juga didalamnya disertakan beberapa objek lain yang tujuannya untuk mendukung suasana atau pesan yang akan kita sampaikan.

Latar belakang saya dari dunia disain (dan mungkin sebagian teman teman lain dengan latar dunia seni juga) cukup mempengaruhi saya terutama saat akan memulai suatu karya dalam ukuran yang cukup besar, dengan membuat sebuah konsep penyajian.

Konsep itu sendiri biasanya didasari dari CERITA, OBJEK atau PESAN apa yang ingin saya sampaikan lewat gambar atau lukisan.

Dengan tujuan itu, saya akan membayangkan:
  • Apa atau siapa yang akan ditampilkan. 
  • Apa saja elemen-elemen lain yg bisa mendukung suasana atau mood yg akan ditampilkan. 
  • Media apa yang cocok untuk menampilkan suasana yang saya harapkab, dst. 
Dari kesemua itu akan dipadukan dan keluarlah sebuah RENCANA.
Rencana tersebut akan saya pikirkan bagaimana bentuk PENYAJIANNYA dalam bidang gambar yang tidak terlalu besar, akan tetapi bisa mewakili ALUR CERITA yang saya ingin sampaikan.
Isi dari penyajian yg saya maksud di atas yang berupa SUSUNAN ATAU PERLETAKAN DARI SEMUA ELEMEN yang bisa saya istilahkan sebagai sebuah KOMPOSISI.

Jadi komposisii dalam artian sederhana bisa saya sebut sebagai suatu CARA MENGGUBAH bagian2 atau elemen2 untuk membentuk satu kesatuan.

Dalam ilmu arsitektur ada 2 cara pendekatan dalam menghasilkan karya:

  1. Form follow function: dimana bentuk akhir dihadilkan dari kebutuhan ruang didalamnya. Jadi jika diadopsi dan ditetapkan dalam lukisan kira2 prosesnya dengan kita menilai siapa danapa serta merekareka seperti apa cerita gambar tersebut jadinya nanti.
  2. Black Box: cara berpikir dari luar kedalam, dimana bentuk akhir, suasana, mood, dll sudah ditentukan di awal dan selanjutnya isi serta kebutuhan ruang mengikuti ruang2 yang ada.
Jika kita adopsi dan diterapkan pada lukisan, kira2 prosesnya seperti suasana, mood atau "adegan" yang sudah tersusun jadi , tinggal kita mengisi objek atau elemen2 pendukung di dalamnya.

Komposisi Piramid
Contoh gambar yang akan saya tampilkan kali ini adalah 
  • "Secret Garden" dari halaman 10 yang ada dalam buku sketsa Derwent saya.
  • Media : pinsil grafit watersoluble Derwent
  • Kertas 165gsm ukuran A3
Komposisi yang saya pakai adalah piramid, segitiga atau ada juga yang mengistilahkannya dengan static (lawan dari dynamic composition) dimana saya menempatkan objek utama pada area segitiga (garis merah) yang dikelilingi oleh objek yang lebih "kecil" yang membingka sekeliling objek utama (simbolisasi dari melindungi). Sedangkan area hijau yang merupakan latar belakang, sebagai penguat 'mood' dari duasana keseluruhan

Secara umum komposisi terdiri dari 3 layer: objek utama, framing fari kelompok srigala dan latar belakang.

Sedikit cerita dari gambar ini, karya ini terinspirasi oleh lirik lagu dari Bruce Springsteen dgn judul yg sama "Secret Garden" yang saya padukan dengan tokoh karakter cerita tua "Red Ridding Hood" / "Gadis Kecil Berjubah Merah Dan Srigala"

Suasana yang ingin saya tampilkan adalah suatu tempat yang sangat pribadi, misterius , gelap tapi juga menjadi tempat persembunyian yang memberi rasa aman bagi si Gadis (yang sudah tidak kecil lagi )

Secret Garden
Detail 1
Detail 2
Detail 3
Detail 4
Mungkin saya tidak akan terlalu gamblang menjabarkan alur cerita yang saya tampilkan, karena saya akan sangat menghargai kalau teman teman berkenan bisa memberikan komentar atau ktitik dari teman teman tentang apapun baik tema yang saya pilih atau teknik penyajiannya.

Gambar gambar yang saya sematkan kali ini hanya berkisar ilustrasi dari konsep komposisinya, beberapa detil dan gambar final.

Sekali lagi saya terbuka bagi komentar atau kritik dari teman teman, karena akan sangat membantu saya dalam mengembangkan kemampuan berkarya .

Catatan tambahan: penjelasan tentang apa dan bagaimana pinsil grafit watersoluble ada pada postingan saya terdahulu terkait waterdoluble.

Semoga berkenan 


Share:

Tidak ada komentar:

Total Tayangan Halaman

+ Follow
Join on this site

with Google Friend Connect

Popular Posts