Persiapan Melukis Menggunakan Cat Minyak

Melukis Menggunakan Cat Minyak , Cara Solichin Totok 
Pada dasarnya proses melukis realis itu hampir sama dengan kegiatan profesi lainnya... Contohnya profesi seorang koki atau juru masak , seorang koki yang profesional akan selalu mempersiapkan segala macam alat bahan dan suasana sebelum proses memasak di mulai..untuk bisa dihasilkan masakan yang enak.
Nah.. dlm hal berkarya lukis.. dlm hal ini khususnya lukisan minyak pada kanvas.. maka hal yang sama sebaiknya juga dilakukan..

Dari pengalaman saya sebelum berkarya maka bebrapa hal yang pasti akan saya perhatikan yaitu.


  1. Obyek sudah harus disiapkan ( penentuan obyek kadang jauh lebih memusingkan daripada proses yang lainnya )
  2. Cat minyak harus dalam keadaan lengkap (sesuai yg dibutuhkan ) pastikan warna putih dan hitam lebih banyan drp warna lainnya.. utk yang biasa lukis wajah.. sebaiknya warna oker ditambahin jumlahnya.. saya suka warna oker rembrandt nomor seri 227.
  3. Minyak pengencer.. saya cocok dengan minyak linseed.. tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.. duluuuu pada saat saya belum mampu membeli yang mahal.. saya beli di toko bahan kimia.. mereka sudah paham kalo kita bilang linseed.. waktu itu 1 liter cuma 30 rb an... Jauuuh lebih murah drpd beli yang bermerk.. winsor newton bisa sampai 300 sampai 400 ribuan. Terakhir saya beli yang 250 ml. Sekitar 160 rb an.
  4. Minyak pencuci Kuas, sejujurnya saya paling cocok dengan minyak tanah, tapi sekarang saya lebih suka mencuci kuas dengan air yang sudah di beri bubuk detergen
  5. Kanvas.. nah utk lukisan realis sebaiknya pake kanvas dengan kontur yang lebih rapat.. dan pastikan bahwa peruntukkannya memang khusus utk lukisan cat minyak...pastikan. Tidak ada cacatnya...duluuuu saya suka beli kanvas buatan bandung.. lupa merknya.. tapi kalo sudah mampu beli yang mahal silahkan cari yang lebih bagus.. banyak pilihan.. Saya biasa beli yang roll..karena saya sudah biasa persiapkan spanram ( stretcher ) dgn berbagai ukuran.. sebaiknya kalo beli kanvas yang roll.. usahakan yang lebarnya diatas 165 cm.. utk mendapatkan space tambahan guna dililitkan dibelakang span..Saran saya.. kalo sudah produktif .. bikin kesepakatan dengan ukuran yang konsisten. Saya selalu konsisten dengan ukuran kanvas sebagai berikut ( 50 x 60 cm , 70 x 90 cm , 100 x 120 cm , 120 x 150 cm , 150 x 200 cm , 159 x 250 cm ) Selebihnya cuma selingan dan tergantung permintaan Ukuran tersebut menghindarkan kita dari sisa kain yang mubadzir.. 
  6. Easel.. atau alat utk meletakkan kanvas.. saya memiliki lebih dari 2 easel. Alat ini penting agar posisi kita melukis nyaman. Banyak pelukis terutama yang masih baru tidak memperhatikan pentingnya alat ini.. sya sarankan utk memiliki 1 easel dengan desain sesuai kebutuhan. Yang saya miliki memiliki desain yang pas sesuai kebutuhan saya.. yaitu.. bisa diatur sampai ketinggian 2 meter. Bisa di stel naik turun, dan yang lebih penting.. tegak lurus 90° .. fungsinya agar badan kita tidak perlu membungkuk.. penting untk menjaga tulang agar tdk bengkok dan tidak mudah capek.. Easel yang baik adalah yang kokoh dan berat agar tidak mudah roboh kalo tertera angin.
  7. Kursi.. sebaiknya kita pakai kursi yang ber roda agar utk kepentingan mobilitas.. mengingat proses melukis akan banyak melakukan gerakan terutama utk luksan ukuran besar.
  8. Kuas. Naaaah.. usahakan persediaan kuas sebanyak banyak nya... Jangan pelit beli kuas. Perbanyak ukuran yang lebih kecil Gak perlu beli yang bermerk mahal. Kuas saya murahan semua.. utk ukuran besar saya pake kuas tukang.. strategi saya membeli kuas .. saya selalu beli ukuran nomor 1,3,5,7,9,11.. dan bebrapa kuas bangunan berbagai ukuran.merk Eterna. Utk detailing saya beli berbagai merk dgn kemasan 1 pack isi 5 atau 6 buah.. kira kira rp 20 rb per pack.
  9. Kain lap.. usahakan yang terbuat dr katun.. kebiasaan saya .. saya selalu cocok dngan kaos bekas pakai .. 
  10. Suasana , Suasanya yang saya suka adalah yang tenang tidak terkontaminasi dgn anak kecil, lapang tetutama areal belakang badan kita perlu ada ruang kosong.. mengingat kebiasaan kita sering melakukan gerakan mundur. Lebih asik kalo saya ditemani musik.. lagu lagu yang kita suka. Oh ya.. hampir selama ini saya TIDAK PERNAH melukis didalam ruangan rumah... Saya hampir selalu melukis di teras rumah.. guna mendapatkan cahaya yang cukup dan alami. Hampir SELALU saya melukis saat pagi,siang ato sore hari.. hampir tidak pernah melukis di malam hari.. guna menjaga kesehatan mata yang sudah mulai 'sakit'..
  11. Tips tambahan. Sebelum melukis pastikan kita dlm keadaan kenyang, sudah menunaikan ibadah sholat (utk moslem), pipis dulu biar tenang,... Dan yang paling rutin... Berdoa dulu
Demikian semoga bermanfaat.

Sekali ini cara standard yang saya lakukan.. mohon maaf kalo ada kesan sok sok an dan riya'.. ini cuma efek galau pengen berbagi pengalaman.. 

Salam.
Sumber

Solichin Totok
Semarang 9 November 2016
Share:

4 komentar:

Ncek mengatakan...

Cepat
Tepat
Hemat
Nikmat

Ahmad Thobroni mengatakan...

ancen jos gandos....

M. Zaenal mengatakan...

Assalamu'alaikum, Kang Roni Art!!

tanya dong, sebelum memulai melukis dengan cat minyak apakah kanvas harus dilapisi cat dasar putih? bagusnya cat minyak langsung apa acrilik? sebelumnya terimakasih artikelnya..

Sukses terus ya!!

Wasssalamu'alaikum..

Ahmad Thobroni mengatakan...

Wa'alaikum Salam Wr Wb ,
Tergantung kanvasnya ya mas Zainal , kalau kanvas yg bagus tak perli di lapisin lagi , cayt minyak & akrylic masing2 punya kelebihan dan kekurangannya semdiri

Total Tayangan Halaman

+ Follow
Join on this site

with Google Friend Connect

Popular Posts